Hasil
Keputusan Bahtsul Masail 2006 di PP.Al Hikam Malang
Pertanyaan
A.
Bagaimana hukum berjihad di NKRI yang telah merdeka dan berdaulat ?
Jawaban A
Dengan
mencermati jawaban terkait dengan pertanyaan "media jihad" pada pembahasan sebelumnya, maka hukum berjihad dalam NKRI adalah wajib
hukumnya lebih-lebih menghadapi kelompok terorganisir yang melawan pemerintah
yang sah (bughat), atau yang ingin mendirikan negara dalam negara atau kelompok
yang memisahkan diri dari NKRI (sparatis), atau mereka yang melakukan tindakan
kejahatan terhadap agama
atau
pihak negara lain yang ingin menguasai sebagian wilayah atau kekayaan alam
negara kita.
Ibarat :
الفقه الاسلامى وادلته : مجلد 8 ص : 5850 , ت : الدكتور وحبة الزحيلى
فَالْجِهَادُ فَرْضُ كِفَايَةٍ وَمَعْنَاهُ اَنَّهُ يُفْتـَرَضُ عَلىَ جَمِيْعِ مَنْ هُوَ اَهْلُ الْجِهَا دِ لَكِنْ اِذَا قـَامَ بِهِ الْبَعْضُ سَقـَطَ عَنِ الْبَاقِيْنَ
كشاف القناع ج: 3 ص: 34
وَمِنْ فُرُوْضِ الْكَفَايَاتِ الأَمْرُ بِالْمَعْرُوْفِ وَالنَّهْيُ عَنِ الْمُنْكَرِ
Terjemah
:
Diantara
fardlu kifayah yaitu memerintahkan kebajikan dan melarang
kemungkaran.
بــيــان حــقــوق ولاة الأمــور عــلـى الأمــة بــالأدلــة مــن
الــكــتــاب والـسـنــة، ص : 23 ، مـا نــصــه :
وَلاَ يَـجُــوْزُ الْــخُــرُوْجُ عَــلَـى وُلاَةِ الأُمُــوْرِ
وَشَــقُّ الْـعَـصَــا إِلاَّ إِذَا وُجـِـدَ مِـنْـهُـــمْ كُــفْــرٌ بَــوَاحُ
عِــنْـــدَ الْـخَــارِجِـيْــنَ عَــلَــيْــهِ
Terjemah
:
Tidak
diperbolehkan memberontak (makar) terhadap para penguasa dan memecah belah
persatuan kecuali dijumpai dari mereka kekufuran yang jelas menurut pihak
pemberontak.
مغني المحتاج ج: 4 ص: 123, ت :
محمد الخطيب الشربينى ط : دار الفكر
بيروت
قَالَ الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللهُ تـَعَالَى عَنْهُ أَخَذْتُ
السِّيْرَةَ فِي قِتَالِ الْمُشْرِكِيْنَ مِنَ النَّبِيِّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ وَفِي قِتَالِ
الْمُرْتَدِّيْنَ مِنْ أَبِيْ بَكْرٍ
رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ وَفِي قِتًالِ الْبُغَاةِ مِنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ
تَعَالىَ عَنْهُ
Terjemah
:
Imam
Syafi’i ra berkata : tindakan memerangi orang-orang musyrikdiambil dari Nabi
saw, tindakan memerangi orang-orang murtad diambil dari Abu Bakar ra dan
tindakan memerangi orang-orang yang memberontak diambil dari Ali
ra.
قــرة الـعـيـــن للــعــلامــة الـشـيــخ مـحــمــد سـلـيـمــان
الــكــردي الــمــدني الـشــافــعــي ، ص : 208-209، مــا نــصـــه
:
اَلـَّـذِيْ يَــظْــهَــرُ لِلْـفَـقِــيْــرِ أَنَّــهُــمْ
حَــيْــثُ دَخَــلُــوْا بَــلَــدَنـَـا لِلـتـِّـجـَـارَةِ
مُـعْـتـَمِــدِيـْـنَ عَــلَـى الْـعَـادَةِ الْـمُـطَّــرِدَةِ مِــنْ مَــنْــعِ
الـسُّــلْـطَـانِ مِــنْ ظُــلْـمِــهِــمْ وَأَخْـــذِ أَمْــوَالِــهِــمْ
وَقـَـتـْـلِ نُــفُــوْسِــهِــمْ وَظَـنُّـــوْا أَنَّ ذَلِــكَ عَــقـْـدَ
أَمَــانٍ صَــحِــيْــحٍ لاَ يـَـجُـــوْزُ إِغْــتِــيـَـالـُـهُــمْ ، بَــلْ
يَــجِــبُ تـَـبْــلِــيْـغـُـهُـــمُ ألْـمَـأْمَــنَ ... لأَِنَّ
الـسُّـلْـطَــانَ فِـيْــهَــا جـَــرَتْ عَـــادَتـُــهُ بِــالــذَّبِّ
عَــنْــهُــمْ، وَهُـــوَ عَــيْــنُ الأَمـَـانِ .
Terjemah
:
Apa
yang tampak bagi al Faqir (Syekh Muhammad Sulaiman al Kurdi) bahwa mereka
(orang-orang kafir) sekiranya memasuki negara kita (umat Islam) untuk berbisnis
dengan berpedoman pada adat yang berlaku yaitu larangan pemerintah menganiaya
mereka, merampas hartanya, membunuh jiwanya dan mereka menduga bahwa hal yang
demikian itu merupakan bentuk jaminan keamanan yang sah, maka tidak
diperbolehkan menyerang mereka bahkan wajin berupaya menciptakan rasa aman pada
mereka …. Karena adat kebiasaan pemerintah sudah berlaku melindungi mereka dan
itulah hakikat jaminan keamanan.
B.
Sarana (instrumen) apa yang efektif dalam jihad bagi WNI di dalam negeri sendiri
?
Jawaban
B
Mengingat
tujuan utama berjihad adalah menunjukkan masyarakat dan mengajak mereka kepada
ajaran tauhid dan syariat Islam, maka sarana (instrumen) jihad yang efektif
antara lain melalui : berorasi, pendidikan, diskusi, karya tulis, politik, harta
benda dan meluruskan aliran-aliran yang menyimpang. Apabila dengan cara-cara
diatas tidak berhasil, maka barulah ditempuh dengan cara jihad fisik.
Ibarat
:
مغنى المحتاج جز: 4 ص : 262 , ت : الشيخ محمد الخطيب الشربينى , ط :
دار الفكر
وَوُجُوْبُ الْجِهَادِ وُجُوْبُ الْوَسَائِلِ لاَ الْمَقَاصِدِ اِذِ
الْمَقْصُوْدُ بِالْقِتَالِ اِنَّمَا هُوَ الْهِدَايَةُ وَمَا سِوَاهَا مِنَ
الشَّهادَةِ وَاَمَّا قَتْلُ الْكُفَّارِ فَلَيْسَ بِمَقْصُوْدٍ حَتىَّ لَوْ
اَمْكَنَ الْهِدَايَةُ بِاِقَامَةِ الدَّلِيْلِ بِغَيْرِ جِهَادٍ كَانَ اَوْلىَ
مِنَ الْجِهَادِ
Terjemah
:
Kewajiban
berjihad wajib pula sarana-sarananya bukan tujuannya, karena maksud berperang
hanyalah menunjkkan (masyarakat) dan selainnya yaitu gugur syahid.Adapun
membunuh orang kafir bukanlah merupakan tujuan sehingga jika menunjukkan
masyarakat bisa dicapai dengan cara menegakkan dalil (argumen
)
tanpa dengan cara jihad, maka hal itu lebih utama daripada
jihad.
فـي فــتــاوى الــســبــكــي ، ص : 340-341 ، مــا نــصـــه
:
فــإن الـمـقــصــود هـــدايــة الــخــلــق ودعــاؤهـــم إلـى
الــتـــوحــيــد وشــرائــع الإســلام وتــحــصــيــل ذلــك لــهــم
ولأعــقــابــهــم إلـى يــوم الــقــيــامــة فــلا يــعـــد لـــه شــيئ فــإن
أمــكــن ذلــك بـالــعــلــم والـمـنــاظــرة وإزالــة الــشــبــهــة فــهــو
أفــضــل . ومــن هــنــا نــأخـــذ أن مــداد الــعــلــمــاء أفـضــل مــن دم
الــشــهـــداء . وإن لـــم يــمــكـن إلا بـالــقــتــال، قــاتــلــنــا إلــى
إحــدى ثــلاث غــايــات ، إمــا هــدايــتـــهــم وهــي الــرتــبــة
الــعــلــيـا ، وإمــا أن نــسـتــشــهــد دونــهــم وهــي رتــبــة
مــتـــوســطــة فـي الــمـقــصــود
ولــكــنــهــا شــريــفــة لــبــذل الـنــفــس الـتـي هــي أعـــز
الأشــيــاء أفــضــل مــن حــيــث أنـــهــا وســيـلــة لا مــقــصــود
مــفــضــولــة والــمــقــصــود إنــمــا هــو إعـــلاء كــلــمــة الله
تــعــالـى . وإمــا قــتـــل الــكــافــر وهــي الــرتــبــة الــثــالــثــة و
لــيــســت مــقــصــودة لأنــهــا تــفــويــت نــفــس يــتـــرجـى أن تــؤمــن
وأن تـــخــرج مــن صــلــبــهــا مــن يـــؤمــن، ولــكــنــه هــو الــذي قــتــل
نــفــســه بــإصــراره عــلـى الــكــفــر .
Khulashah
:
Maksud
daripada perang adalah menunjukkan mayarakat dan mengajak mereka kepada ajaran
tauhid dan syariat Islam serta mengupayakan keberhasilannya bagi mereka dan anak
cucunya sampai hari kiamat. Jadi tujuan tadi tak bisa diimbangi oleh suatu
apapun. Kemudian apabila tujuan diatas masih bisa dicapai dengan kegiatan
ilmiah, diskusi dan menyirnakan ajaran-ajaran mengkaburkan, maka itu lebih
utama. Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa “Tinta
para ulama’ lebih utama daripada darah para syuhada’ “. Dan jika tujuan
diatas tidak bisa dicapai kecuali harus melalui jalan perang, maka kita bolehlah
berperang guna mencapai satu diantara tujuan akhir dari perang yaitu (1)
menunjukkan masyarakat dan ini yang tingkatan tertinggi (2) agar memperoleh
status gugur syahid dan ini tingkatan tengah-tengah, dan (3) membunuh orang kafir dan ini merupakan
tingkatan yang ketiga yang sebenarnya bukan tujuan daripada
jihad.
جند الله ص : 364
ان هناك خمسة انواع من الجهاد اشير اليها بالكتاب اوالسنة الجهاد
باللسان الجهاد التعليمى الجهاد باليد والنفس الجهاد السياسي الجهاد
المالى
Terjemah
:
Ada
lima macam jihad yang saya isyaratkan berdasarkan al Kitab dan al Sunnah, yaitu
dengan berorasi, jihad dalam bentuk pendidikan, jihad denagn fisik dan jiwa,
jihad melalui jalur politik dan jihad dengan membelanjakan harta.
Komentar
Posting Komentar