Bank ASI (Air Susu Ibu)

Hasil Bahtsul Masail PWNU Jatim 1994 di Sidayu Gresik
Masalah
Ada pendapat yang membolehkan “Bank Air Susu Ibu”  dan ada pula pendapat yang tidak membolehkan dengan alasan bahwa ASI yang dianggap benar adalah harus dengan secara langsung menghisap/menyedotnya melalui puting susu seorang ibu, dan bukan dengan cara memasukkan melalui tenggorokan atau yang lainnya setelah susu seorang ibu sudah diperas terlebih dahulu. Pendapat siapakah itu ? dan setujukah bapak dengan pendapat tersebut ?
Jawab :
Pendapat yang menyatakan bahwa rodlo tidak menyebabkan mahrom jika tidak langsung mencaplok puting susu dan menghisap darinya adalah pendapat Imam Ahmad, Imam Atho, dam Imam Daud, sedangkan jumhur Ulama tetap menyebabkan mahrom dan musyawirin setuju dengan pendapat tersebut
Dasar pengambilan :
المزان الكبرى، ص138، مانصه :
وكذلك اتفقوا على السقوط والوجور يحرم الا فى رواية عن احمد فانه شرط الارضاع من الثدي فاذا صب اللبن فى انفه من اناء او غيره او صب فى حلقه صبا من غير الثدى فكلا الامرين الحكم فيهما حكم الرضاع. وقد اختلفت الرواية فى التحريم عن احمد فاصح الروايتين ان التحريم يثبت بهما كما افاده ابن قدامة. وهو قول الشعبى والثورى واصحاب الرأي وبه قال مالك فى الوجور ولم يقل به فى السعوط.
والرواية الثانية عن احمد لا يثبت بهما التحريم. وهواختيار الى ابى بكر من اصحاب احمد ووداود بن على وقول عطاء الحراسانى فى السحوط لان هذا ليس برضاع. وانما حرم الله تعالى ورسوله بالرضاع ولانه حصل من غير ارتضاع، فاشبه مالو دخل من جرح فى بدنه.
دليلنا ماروى ابن مسعود عن النبى صلى الله عليه وسلم، لارضاع الامانشز العظم وانبت اللحم، رواه ابو داود، ولان هذا به اللبن الى حيث يصل بالارتضاء فيجب ان يساويه فى التحريم. والانف سبيل اذا تقرر هذا فانه يحرم من ذلك مثل الذى يحرم بالرضاع

Komentar