PERTANYAAN
:
Abdullah
Hasan Albashary
Siapa yang dimaksud ahli
kitab disini ?
"
لَيْسُوا۟ سَوَآءًۭ ۗ مِّنْ أَهْلِ ٱلْكِتَبِ أُمَّةٌۭ قَآئِمَةٌۭ يَتْلُونَ
ءَايَتِ ٱللَّهِ ءَانَآءَ ٱلَّيْلِ وَهُمْ يَسْجُدُونَ |
Mereka tidak sama; di
antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat
Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud
(sembahyang)." (QS. ALI IMRAN:113).
JAWABAN
:
Masaji
Antoro
Adalah orang-orang ahli
kitab yang berperilaku lurus, konsekuen dengan ajarannya yang kemudian beriman
dan membenarkan Nabi Muhammad SAW.
{مِنْ
أَهْلِ الْكِتَابِ أُمَّةٌ قَائِمَةٌ يَتْلُونَ آيَاتِ اللَّهِ آنَاءَ اللَّيْلِ
وَهُمْ يَسْجُدُونَ} من آمن مع النبي صلى الله عليه وسلم. وقال ابن إسحاق عن ابن
عباس لما أسلم عبدالله بن سلام ، وثعلبة بن سعية ، وأسيد بن سعيه ، وأسيد بن عبيد ،
ومن أسلم من يهود ؛ فآمنوا وصدقوا ورغبوا في الإسلام ورسخوا فيه ، قالت أحبار يهود
وأهل الكفر منهم : ما آمن بمحمد ولا تبعه إلا شرارنا ، ولو كانوا من خيارنا ما
تركوا دين آبائهم وذهبوا إلى غيره ؛ فأنزل الله عز وجل في ذلك من قولهم : {لَيْسُوا
سَوَاءً مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ أُمَّةٌ قَائِمَةٌ يَتْلُونَ آيَاتِ اللَّهِ آنَاءَ
اللَّيْلِ وَهُمْ يَسْجُدُونَ} إلى قوله : {وَأُولَئِكَ مِنَ الصَّالِحِينَ} . وقال
الأخفش : التقدير من أهل الكتاب ذو أمة ، أي ذو طريقة حسنة.
“Di antara Ahli Kitab itu
ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa
waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (sembahyang).(QS. 3:113)Ialah
orang-orang ahli kitab yang kemudian beriman pada Nabi Muhammad SAW.Ibn Ishaq
dari Ibn Abbas berkata “Saat Abdullah Bin Salama’yah, Usaid Bin ‘Ubaid dan
orang-orang yahudi yang kemudian beriman, para pendeta yahudi dan ahli Kufur
mereka berkata “Tidak beriman dan mengikuti agama Muhammad kecuali orang-orang
rendahan dari kami, bila mereka orang-orang pilihan kami niscaya mereka tidak
meninggalkan agama moyang-moyang mereka dan berpaling pada agama lainnya,
kemudian Allah Azza Wa Jalla menurunkan ayat “Mereka itu tidak sama; di antara
Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah
pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (sembahyang).(
QS. 3:113) sampai pada ayat “mereka itu termasuk orang-orang yang saleh.(QS. .
3:114).
Oleh karena itu al-Akhfasy
berkata “di antara Ahli Kitab itu ada golongan umat yakni golongan yang memiliki
perilaku lurus”. [ Al-Jaami’ Li Ahkaam al-Quraan IV/175 ].
وقال
عطاء: "ليسوا سواء من أهل الكتاب أمةٌ قائمة" الآية يريد: أربعين رجلا من أهل نجران
من العرب واثنين وثلاثين من الحبشة وثمانية من الروم كانوا على دين عيسى وصدّقوا
محمدًا صلى الله عليه وسلم
“Mereka itu tidak sama; di
antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus”, Yang dikehendaki adalah
40 laki-laki dari Najran, 32 dari Habasyah dan 8 orang dari negeri Rum, adalah
mereka berada pada agama nabi Isa As, dan membenarkan keberadaan Muhammad SAW. [
Tafsiir al-Baghaawy II/93 ].
{
من أهل الكتاب أمة قائمة } استئناف لبيان نفي الاستواء والقائمة المستقيمة العادلة
من أقمت العود فقام وهم الذين أسلموا منهم
“Mereka itu tidak sama; di
antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus”. Yang dimaksud adalah
orang-orang yang kemudian memeluk agama islam dari kalangan ahli kitab. [
Tafsiir al-Baedhawy I/80 ].
(
ليسوا سواء من أهل الكتاب أمة قائمة ) قال ابن عباس : قائمة أي مهدية قائمة على أمر
الله تعالى لم يضعوه ولم يتركوه , وقيل قائمة أي عادلة وقيل قائمة على كتاب الله عز
وجل وحدوده وقيل : قائمة في الصلاة ....وقال عطاء في قوله تعالى : ( ليسوا سواء من
أهل الكتاب أمة قائمة ( يريد أربعين رجلاً من أهل نجران من العرب واثنين وثلاثين من
الحبشة وثمانية من الروم كانوا على دين عيسى عليه الصلاة والسلام وصدقوا بمحمد (
صلى الله عليه وسلم ) وآمنوا به وكانوا عدة نفر من الأنصار منهم أسعد بن زرارة
والبراء بن معرور ومحمد بن مسلمة وأبو قيس صرمة بن أنس كانوا قبل الإسلام موحدين
يغتسلون من الجنابة ويقومون بما عرفوا من شرائع الحنيفية حتى جاءهم الله عز وجل
بالنبي صلىالله عليه وسلم فآمنوا به وصدقوه
“Mereka itu tidak sama; di
antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus”. Ibn Abbas berkata :
berperilaku lurus artinya senantiasa konsekuen menjalani perintah Allah dan
tidak melenakannya, pendapat lain “Berlaku adil”, pendapat lain “Konsekuen pada
kitab Allah”, pendapat lain “Konsekuen dengan shalatnya”...... Imam ‘Atha’
berkata dalam maksud ayat ini “Yang dikehendaki adalah 40 laki-laki dari Najran,
32 dari Habasyah dan 8 orang dari negeri Rum, adalah mereka berada pada agama
nabi Isa As, dan membenarkan keberadaan Nabi Muhammad SAW dan beriman pada
beliau.Adalah segolongan orang-orang Anshar diantaranya As’ad Bin zararah,
Barraa’ bin Ma’ruur, Muhammad Bin Maslamah dan Abu Qais Sharmah Bin Anas sebelum
masuk islam menjalani agama tauhid, mereka mandi saat janabat dan menjalani
dengan istiqamah ajaran-ajaran yang mereka kenal dari syariat hanifiyyah (ajaran
Nabi Ibrahim AS) hingga kemudian datanglah Nabi Muhammad SAW dan mereka beriman
serta membenarkan kenabian beliau”. [ Tafsiir al-Khoozin I/407 ]. Wallaahu
A'lamu Bis Showaab.
Link Asal > http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/424244070931740/
Komentar
Posting Komentar