Hasil
Bahtsul Masail PWNU Jatim 2006 di Pesma Al Hikam Malang
Ibarat
:
Pertanyaan
A.
Siapakah musuh atau sasaran yang menjadi target akhir dalam jihad
?
Jawaban
A
Sasaran
berjihad dengan tanpa kekerasan adalah seluruh lapisan masyarakat Indonesia, dan
dalam situasi keamanan atau politik sedang terganggu, maka sasarannya para
pengacau stabilitas dan mereka yang bertindak anarkhis.
الـفـقــه الـمـنـهـجـي عــلــى مــذهــب الإمــام الـشــافــعـي ، ص :
486، مــا نــصـــه :
اِعْلَمْ اَنَّ قِتَالَ الْكُفَّارِ وَسِيْلَة ٌوَلَيْسَ غَايَةً
فَاِذَا تَحَقَّقَّ الْهَدَفُ الْمَقْصُوْدُ بِدُوْنِ قِتَالٍ فَذَلِكَ هُوَ
الْمَطْلُوْبُ وَلاَيُشْرَعُ الْقِتَالُ حِيْنَئِذٍ –الى ان قال – وَالْوَسِيْلَةُ
الاُوْلىَ اِلىَ ذَلِكَ اِنَّمَا هِيَ الدَّعْوَةُ الْقَائِمَةُ عَلىَ الْمَنْطِقِ
وَالْحِوَارِ وَاسْتِنْهَاضُ كَوَامِنِ الاِنْسَانِيَّةِ وَالاِنْصَافُ وَالْحَذَرُ
مِنَ العَوَاقِبِ فِي نُفُوسِهِمْ - الى ان
قال – وَاِنْ لَمْ يَتـَحَقَّقِ الهَدَفُ المَطْلُوبُ بِاَنْ قُوبِلَتِ الدَّعْوَةُ
بِالاِسْتِنْكَارِ وَالعِنَادِ وَالصَّدِّ وَالمَنْعِ حَتىَّ لَمْ يَكُنْ مِنْ
سَبِيلٍ لإِ بْلاَغِهَا دَهْمَاءِ النَّاسِ وَعَامَّتَهُمْ فَاِنَّ عَلىَ
المُسْلِمِينَ اَنْ يُتْبِعُوا هَذِهِ المَرْحَلَةَ بِاالمَرْحَلَةِ الثـَّانِيَةِ
الَّتِى تَلِيهَا بِاَمْرِ الحَاكِمِ المُسْلِمِ وَبِشَرْطِ اَنْ يَأنَسَ
القُدْرَةَ عَلىَ ذَلِكَ وَهِيَ القِتَالُ المُنَاجِزَةُ
Terjemah
:
Ketahuilah
bahwa memerangi kaum kafir adalah merupakan sarana / alat dan bukan tujuan
akhir. Maka apabila tujuan(jihad) yang dimaksud telah terealisasi dengan tanpa
berperang maka itulah yang dikehendaki dan tidak perlu melakukan peperangan
–sampai perkataan mushannif- Sarana yang pertama untuk mencapi tujuan jihad itu
adalah da’wah yang ditegakkan diatas ilmu mantiq dan perdebatan, membangkitkan
potensi sumber daya manusia, berlaku adil dan menghindari akibat-akibat pada
dirinya –sampai perkataan mushannif- Dan apabila tujuan jihad yang dimaksud
tidak bisa dicapai dengan gambaran upaya da’wah dilawan dengan pengingkaran dan
penghadangan hingga tiada jalan untuk menyampaikan da’wah kepada masyarakat
secara luas, maka wajib atas kaum muslimin untuk melanjutkan cara jihad ini
dengan cara jihad yang kedua dengan berdasarkan perintah hakim muslim dan syarat
punya kemampuan untuk itu dan cara itu adalah perang secara
terang-terangan.
الـفـقــه الـمـنـهـجـي عــلــى مــذهــب الإمــام الـشــافــعـي ، ص :
475، مــا نــصـــه :
v
مِنَ الــتـَّـعْــرِيْــفِ الَّـذِيْ ذَكـَـرْنـَـاهُ لِلْـجِـهَــادِ
، يـَـتـَّضِـحُ أَنَّ الْـجِـهَــادَ أَنْــوَاعٌ
مِــنْــهَـا : الـْـجِــهـَـادُ بِالـتـَّعْـلِــيْـمِ، وَنـَـشْــرِ
الْــوَعْــيِ ألإِسْــلاَمِـيِّ ، وَرَدِّ الـشُّـبَـهِ الْـفِــكْــرِيـَّـةِ
الـَّتـِي تـَعْـتـَـرِضُ سَـبِـيْـلَ الإِيْـمـَـانِ بِــهِ ، وَتـَـفـَهُّــمَ
حَــقـَـائِــقِــهِ .
v
الْـجِـهـَـادُ بِـبَـــذْلِ الْـمَــالِ لِــتـَـأْمِــيْــنِ مَـا
يَـحْـتـَـاجُ إِلـَـيْــهِ الْـمُـسْـلِـمُــوْنَ فِي إِقـَـامَــةِ
مُـجْـتـَـمَـعِــهِــمُ الإِسـْـلاَمِـيِّ الْـمَـنْـشُــوْدِ
v
الْـقِــتـَـالُ الــدِّفـَـاعِـيُّ
: وَهـُــوَ الـَّـذِيْ يَـتـَـصَــدَّى بـِـهِ الْـمُـسْـلِـمُــوْنَ
لِـمَــنْ يُــرِيـْـدُ أَنْ يَــنـَـالَ مِــنْ شَــأْنِ الْـمُـسْـلِـمِـيْـنَ
فِـي دِيْــنِــهِــمْ .
v
الْــقِــتـَـالُ الْـهُـجُـــوْمِـيِّ : وَهُــوَ الـَّـذِيْ
يـَـبْــدَؤُهُ الْـمُـسْـلِـمُــوْنَ عِــنْــدَ مـَا يَـتـَجَــهَّـــوْنَ
بِـالــدَّعْــوَةِ الإِسْــلاَمِــيَّــةِ إِلَـى الأُمَـــمِ ألأُخْــرَى فِي
بـِــلاَدِهـَـا ، فَـيَــصُــدُّهُــمْ حُــكـَّـامُــهـَـا عـَــنْ أَنْ
يُـبَـلِّــغُـــوْا بِـكـَلِـمَـةِ الْــحَــقِّ سَــمْــعَ الـنـَّـاسِ
.
v
حَــالـَـةُ الـنَّــفِــيْــرِ الْــعـَـامِّ وَذَلِــكَ عِــنْــدَ
مـَا يَــقـْـتـَـحِــمُ أَعْــدَاءُ الْـمُـسْلِـمِـيْـنَ دِيـَـارَهـُــمْ
مُــعْــتـَـدِّيـْـنَ بِــذَلِــكَ عَـــلـَى دِيـْـنِــهِــمْ وَاَرْضِـــهِـــمْ
وَحُــرِيـَّـةِ إِعْــتِـــقـَـادِهـِــمْ .
Terjemah
:
Dari
definisi yang telah kami tuturkan tentang jihad telah jelas bahwa jihad itu
bermacam-macam, diantaranya :
ü
Jihad
dengan menyelenggarakan pendidikan, menyebarluaskan persatuan Islam, menangkal
pemikiran-pemikiran mengkaburkan yang dapat menghalangi jalan menuju iman dan
memehami hakikat iman.
ü
Jihad
dengan dengan membelanjakan harta guna memenuhi keperluan umat Islam dalam
menegakkan masyarakat Islam yang dicita-citakan.
ü
Peperangan
pertahanan, yaitu peperangan yang dilakukan kaum muslimin guna menghadapi musuh
yang ingin mendapatkan urusan kaum muslimin dalam bidang
agamanya.
ü
Peperangan
penyerangan, yaitu peperangan yang dimulai oleh pihak kaum muslimin ketika
mereka menyampaikan da’wah Islamkepada umat lain dinegaranya lalu hakim-hakim
negara itu menghalangi umat Islam dari penyampaian kalimah yang benar ke
telingan para manusia.
ü
Peperangan
umum, yaitu ketika musuh-musuh Islam telah memasuki daerah-daerah umat Islam
dengan melancarkan serbuan kepada agama, bumi dan kemerdekaan
berkeyakinan.
B.
Tepatkah tindak kekerasan (teror) merepresentasikan jihad kaum muslimin di
Indonesia
Jawaban B
Mengingat
tindak kekerasan (teror) hampir bisa
dipastikan menimbulkan korban nyawa dan harta diluar sasaran jihad, maka
hal itu tidaklalah tepat untuk diterapkan di Indonesia.
Ibarat
:
الموسوعة الفقهية جز 3 ص : 167
اَلإسْتِبْدَادُ المُفْضِى اِلىَ الضَّرَرِ اَوِ الظُّلْمِ مَمْنُوْعٌ
كَالإسْتِبْدَادِ فِى احْتِكَارِ الاَقْوَاتِ وَاسْتِبْدَادِ اَحَدِ الرَّعِيَّةِ
فِيمَا هُوَ مِنَ اخْتِصَاصِ الاِمَامِ مِثلَ الْجِهَادِ وَالاِسْتِبْدَادِ فِى
إقَامَةِ الحُدُودِ بِغَيْرِ إذْنِ الإمَامِ
Terjemah
:
Tindakan
atas kemauan sendiri yang menimbulkan bahaya atau kedhaliman adalah dilarang
sebagaimana halnya tindakan atas kemauan sendiri dalam menimbun bahan makanan
pokok dan tindakan atas kemauan sendiri oleh salah seorang rakyat dalam suatu
hal yang menjadi kewenangan khusus imam / pemimpin seperti jihad dan bertindak
secara pribadi dalam menegakkan hukuman had dengan tanpa seizin
imam.
قرة العين بفتاوى اسماعيل الزين ص : 199
ان بلادكم استقلت والحمد لله ولكن لايزال فيها الكثير من الكفار واكثر
اهلها مسلمون ولكن الحكومة اعتبرت جميع اهلها مسلمهم وكافرهم على السواء وقلتم ان
شروط الذمة المعتبرة اكثرها مفقودة من الكافرين فهل يعتبر ذميين او حربيين وهل لنا
نتعرض لايذائهم اذى ظاهرا الى اخر السؤال ؟
فاعلم ان الكفار الموجودين في بلادكم وفى بلاد غيركم من اقطار المسلمين
كالباكستان والهند والشام والعراق والسودان زالمغرب وغيرها ليسوا ذميين ولامعاهدين
ولامستاْمنين بل حربيون حرابة محضة – الى ان قال – لكن التصدى لايذائهم اذى ظاهرا
كما ذكرتم فى السؤال ينظر فيه الى قاعدة جلب المصالح ودرء المفاسد ويرجح درء
المفاسد على جلب المصالح ولاسيما وأحاد الناس وافرادهم ليس فى مستطاعهم ذلك كما هو
الواقع والمشاهد
Terjemah
:
Negara
kalian telah merdeka al hamdulillah, tetapi tetap tinggal disan banyak
orang-orang kafirpada mayoritas penduduk negara itu kaum muslimin. Sementara
pihak pemerintah memperlakukan sama pada seluruh penduduk baik yang muslim
maupun yang kafir, dan kalian berkata bahwa sesungguhnya syarat-syarat dzimmah
yang mu’tabar kebanyakan tidak terpenuhi dari pihak orang-orang kafir. Apakah
mereka itu dianggap golongan kafir dzimmi atau harby, dan apakah kita boleh
bersikap memusuhi mereka dengan terang-terangan …………. Sampai pertanyaan ? Aku
(syekh Ismail Zain) menjawab : …. Ketahuilah bahwa orang-orang kafir yang berada
dinegara kalin dan negara-negara lain di daerah-daerah umat Islam seperti
Pakistan,India, Syam, Irak, Sudan, Maghrib dan yang lain bukanlah mereka itu
golongan kafir dzimmi, mu’ahad maupun musta’man, bahkan mereka itu golongan
kafir harby secara murni –sampai perkataan muallif- akan tetapi untuk bersikap
memusuhi merka dengan terang-terangan sebagaimana kalian sebut dalam pertanyaan
perlu memperhatikan kaidah “menarik kemaslahatan dan menolak kerusakan, dan
mengunggulkan menolak kerusakan daipada menarik kemaslahatan”, lebih-lebih bagi
individu-individu manusia dimana mereka tak punya kemampuan yang memadahi untuk
bertindak seperti itu sebagaiman yang terlihat nyata.
قــرة الـعـيـــن للــعــلامــة الـشـيــخ مـحــمــد سـلـيـمــان
الــكــردي الــمــدني الـشــافــعــي ، ص : 208-209، مــا نــصـــه
:
اَلـَّـذِيْ يَــظْــهَــرُ لِلْـفَـقِــيْــرِ أَنَّــهُــمْ
حَــيْــثُ دَخَــلُــوْا بَــلَــدَنـَـا لِلـتـِّـجـَـارَةِ
مُـعْـتـَمِــدِيـْـنَ عَــلَـى الْـعَـادَةِ الْـمُـطَّــرِدَةِ مِــنْ مَــنْــعِ
الـسُّــلْـطَـانِ مِــنْ ظُــلْـمِــهِــمْ وَأَخْـــذِ أَمْــوَالِــهِــمْ
وَقـَـتـْـلِ نُــفُــوْسِــهِــمْ وَظَـنُّـــوْا أَنَّ ذَلِــكَ عَــقـْـدَ
أَمَــانٍ صَــحِــيْــحٍ لاَ يـَـجُـــوْزُ إِغْــتِــيـَـالـُـهُــمْ ، بَــلْ
يَــجِــبُ تـَـبْــلِــيْـغـُـهُـــمُ ألْـمَـأْمَــنَ ... لأِنَّ
الـسُّـلْـطَــانَ فِـيْــهَــا جـَــرَتْ عَـــادَتـُــهُ بِــالــذَّبِّ
عَــنْــهُــمْ، وَهُـــوَ عَــيْــنُ الأَمـَـانِ .
Terjemah
:
Apa
yang tampak bagi al Faqir (Syekh Muhammad Sulaiman al Kurdi) bahwa mereka
(orang-orang kafir) sekiranya memasuki negara kita (umat Islam) untuk berbisnis
dengan berpedoman pada adat yang berlaku yaitu larangan pemerintah menganiaya
mereka, merampas hartanya, membunuh jiwanya dan mereka menduga bahwa hal yang
demikian itu merupakan bentuk jaminan keamanan yang sah, maka tidak
diperbolehkan menyerang mereka bahkan wajin berupaya menciptakan rasa aman pada
mereka …. Karena adat kebiasaan pemerintah sudah berlaku melindungi mereka dan
itulah hakikat jaminan keamanan.
Komentar
Posting Komentar